ABSTRAK
RISNA (A1A4 14 065) (2018) telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IPSI SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan gambaran tentang: 1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran group investigation., 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran group investigation., 3) Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar Guru dalam pembelajaran geografi siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kabawo Pada Materi Pokok Menganalisis Hidrosfer dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,56 yang termasuk pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,0 yang berkategori baik; 2) hasil belajar geografi siswa kelas X IPSI SMA Negeri 1 Kabawo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi pokok menganalisis hidrosfer dapat ditingkatkan dari siklus I dari 25 orang siswa ada 14 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 56% dengan nilai rata-rata 71,1 sampai pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 25 orang siswa ada 22 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 88% dengan nilai ratarata 83,1. 3) aktivitas mengajar guru ditunjukkan dengan skor rata-rata pada siklus I adalah 2,8 yang termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,8 yang berkategori baik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar
|