Pilih Bahasa  
Book's Detail
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP WAKTU MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE DI KELOMPOK B I RA AL MU’MININ KENDARI

ABSTRAK
HARTINI. (2018).“ Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle di Kelompok B1 RA Al Mu’minin Kendari”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendiidkan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Universitas Halu Oleo. Dengan Pembimbing I Bambang Sugianto dan pembimbing II Muamal Gadafi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah Kemampuan Mengenal Konsep Waktu dapat ditingkatkan Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle di Kelompok B1 RA Al Mu’minin Kendari? Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle Di Kelompok B1 RA Al Mu’minin Kendari”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam peneltian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas,yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan / Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru/ peneliti dan anak di kelompok B1 RA Al Mu’minin Kendari, yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 6 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 76,92 % atau 10 aspek tercapai. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,31% atau 12 aspek tercapai. Pada hasil aktivitas belajar anak didik siklus I dari 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 78, 57% atau 11 aspek yang tercapai. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,85% atau 13 aspek yang tercapai. Berdasarkan analisis data hasil belajar anak didik tentang Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat ditunjakkan pada hasil sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan di peroleh persentase sebesar 33,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66, 67 %. Pada siklus II diperoleh persentase 93,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Alat Peramainan Edukatif Puzzle dapat meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu di Kelompok B1 RA Al Mu’minin Kendari.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Waktu, Alat permainan Edukatif Puzzle

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hartini - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,79 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...