ABSTRAK
Muhammad Rizal (2018) Penelitian ini berjudul Penggunaan Strategi Belajar PQ4R (Preview,Question,Read,Reflect,Recita, Review) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, Mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recita, Review. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya cenderung mengalami peningkatan. Dimana siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa 2,8 yang termasuk kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,3 yang termasuk pada kategori baik. Aktivitas mengajar guru pada setiap siklusnya cenderung mengalami peningkatan. Dimana siklus I skor rata-rata aktivitas guru 2,6 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 pada kategori baik. Hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Watopute pada materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasn Lingkungan. Pada siklus I diperoleh nilai terendah 50, nilai tertinggi 90 nilai rata-rata 74,52 dan ketuntasan belajar sebesar 68% yang mencapai KKM atau dari 25 siswa hanya 17 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. Pada siklus II diperoleh nilai terendah 56, nilai tertinggi 90, nilai rata-rata adalah 79,36 dan ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 25 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 70, dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 92%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktifitas Belajar, Aktifitas Mengajar, Proses, Strategi Belajar PQ4R
|