Pilih Bahasa  
Book's Detail
KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 KENDARI

ABSTRAK
Salah satu kompetensi dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VII SMP kurikulum 2013 adalah menceritakan kembali isi fabel dengan menelaah struktur fabel. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemaampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kendari? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kendari tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kendari yang terdaftar pada tahun 2017/2018 berjumlah 233 siswa. Karakteristik populasi dalam penelitian ini bersifat heterogen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dari populasi. Teknik yang digunakan dalam dalam pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menceritakan kembali isi fabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 70 orang responden siswa yang menjadi responden penelitian, secara individual terdapat 62 orang siswa (88,57%) masuk kategori mampu dan 8 orang siswa (11,42) masuk kategori tidak mampu dalam menceritakan kembali isi fabel. Secara klasikal, kemampuan menceritakan kembali isi fabel kelas VII SMP Negeri 17 Kendari masuk kategori mampu. Dikatakan demikian karena kemampuan siswa yang secara individual mencapai kemampuan minimal 70% sebesar 88,57% telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%. Dilihat dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kendari pada setiap aspek dapat disimpulkan bahwa dari keenam komponen yang yang menjadi aspek penilaian yaitu pada aspek aspek penilaian yaitu pada aspek isi, penggunaan bahasa, dan kelancaran tuntas secara klasikal karena persentasenya telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%. sedangkan pada aspek pelafalan, intonasi, mimik/ekspresi tidak tuntas secara klasikal karena persentasenya tidak mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%.
Kata kunci: kemampuan, menceritakan, kembali, isi, fabel

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Farya - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pendidikan Bahasa Indonesia
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO/Kendari
Deskripsi Fisik xi, 67 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...