ABSTRAK
HASLIA, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 10 Kendari pada Materi Pokok Sistem Koloid” (dibawah bimbingan oleh Drs. Haeruddin, M.Si dan Esnawi, S.Pd., M.Pd)
Telah dilakukan penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 10 Kendari pada Materi Pokok Sistem Koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung pada materi pokok sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Kendari. Sampel penelitian adalah kelas XI-IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa dan kelas XI IPA-2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian penelitian pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 nomor, lembar observasi guru, lembar observasi siswa serta angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian normalitas penelitian ini adalah one sample kolmogorov-Smirnov test, pengujian homogenitas dengan one way anova dan pengujian hipotesis dengan independent samples test. Dari hasil analisis data diperleh kesimpulan (1) Rata-rata hasil belajar siswa melalui model inkuiri terbimbing yaitu 84,00 sedangkan melalui model pembelajaran langsung 74,28 (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing lebih baik daripada dengan model pembelajaran langsung (3) Respon atau tanggapan siswa pada kedua model pembelajaran tergolong kriteria sangat baik. Pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh persentase sebesar 84,5 lebih besar daripada persentase respon siswa pada model pembelajaran konvensional yaitu 70,81.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Langsung, Evektifitas, Hasil Belajar dan Sistem Koloid.
|