ABSTRAK
Pupe Fitriani (2018), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap potensi obyek wisata puncak ahuawali di Desa Ahuawali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 34 informan di pilih secara acak atau rondom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi masyarakat terhadap potensi obyek wisata Puncak Ahuawali di Desa Ahuawali Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe yang meliputi daya tarik obyek wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,49. Potensi wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,29. Faktor-faktor yang mempengaruhi potensi wisata berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,11.Sesuai dengan total skor yang di dapatkan maka hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat Desa Ahuawali Kecamatan Puriala setuju atau menyukai dengan adanya potensi obyek wisata Puncak Ahuawali di Desa Ahuawali berdasarkan hal-hal tertentu dari masyarakat Desa Ahuawali.
Kata kunci: Persepsi, Masyarakat Desa Ahuawali, Potensi Obyek, Wisata
|