ABSTRAK
Fardianti Manangi. (A1B314005), “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVb SDN 10 Mandonga”. Skripsi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb SDN 10 Mandonga pada materi bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual materi bangga terhadap daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IVb SDN 10 Mandonga.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVb SDN 10 Mandonga pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 22 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dantes dilaksanakan setelah pertemuan kedua (setiap akhir siklus) yaitu tes siklus I dan tes siklus II untuk melihat pemahaman siswa atau hasil belajar siswa secara keseluruhan setelah penerapan model pembelajaran kontekstual. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku kelas IVb SD Negeri 10 Mandonga dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan oleh peningkatan sebagai berikut: hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mempunyai persentase ketuntasan secara klasikal 77,27% dengan nilai rata-rata 70, 45 dan siklus II mempunyai persentase 90,91% dengan nilai rata-rata 76,36. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi bangga terhadap daerah tempat tinggalku dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kontesktual di kelas IVb SDN 10 Mandonga.
Kata kunci:Penerapan, model pembelajaran kontekstual, meningkatkan hasil belajar, daerah tempat tinggalku.
|