Pilih Bahasa  
Book's Detail
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 KONAWE SELATAN

ABSTRAK
Surya Wahyuni (A1C1 14 067).“Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Konawe Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kecemasan matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Konawe Selatan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dikembangkan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang terdiri dari 30 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan hasil angket kecemasan matematika diambil 3 siswa yang akan diwawancarai sebagai subjek penelitian, yaitu siswa dengan kecemasan matematika ringan, siswa dengan kecemasan matematika sedang, dan siswa dengan kecemasan matematika berat. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket, tes dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) siswa dengan kecemasan matematika ringan berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 4 (sangat kreatif), tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 3 (kreatif), tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 2 (cukup kreatif), dan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 1 (kurang kreatif), (2) Siswa dengan kecemasan matematika sedang berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 3 (kreatif), tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 2 (cukup kreatif), tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 1 (kurang kreatif), dan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 0 (tidak kreatif), (3) siswa dengan kecemasan matematika berat berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 2 (cukup kreatif), dan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 1 (kurang kreatif), (4) siswa dengan kecemasan matematika berat, tingkat kemampuan berpikir kreatif matematisnya cenderung lebih rendah. Demikian juga sebaliknya, siswa dengan kecemasan matematika ringan, tingkat kemampuan berpikir kreatif matematisnya cenderung lebih tinggi.
Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecemasan Matematika

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Surya Wahyuni - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/ Pendidikan Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO/Kendari
Deskripsi Fisik xiv, 87 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...